Warning: mysqli_query(): (HY000/1021): Disk full (/tmp/#sql_520_1.MAI); waiting for someone to free some space... (errno: 28 "No space left on device") in /opt/lampp/htdocs/wp-includes/class-wpdb.php on line 2431

- Laporan Dewan Komisaris.

Para Pemangku Kepentingan dan Pemegang Saham yang Terhormat,

Puji syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunianya, di tengah gejolak polemik dan dampak pandemi yang masih belum usai, Perseroan mampu memberikan kinerja terbaiknya di tahun 2022. Perkenankan kami atas nama Dewan Komisaris untuk menyampaikan laporan pengawasan atas pengelolaan dan perkembangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022.

KONDISI GLOBAL DAN NASIONAL

Penuntasan masalah pandemi COVID-19 masih membayangi beberapa negara di dunia, permasalahan semakin besar dengan tensi geopolitik di Eropa pasca agresi Rusia ke Ukraina yang menyebabkan rantai pasok terganggu, termasuk adanya fragmentasi kekuatan ekonomi. Hal ini yang memicu melambungnya harga sektor energi dan pangan serta inflasi yang sempat meningkat tajam hingga level 9,1% pada bulan Juni dari 4,4% pada Januari 2022. Kondisi tersebut menyebabkan perekonomian di beberapa negara besar menurun sehingga muncul spekulasi resesi. 

Di tengah gejolak tantangan global tersebut, pemulihan perekonomian nasional tetap terjaga seiring perbaikan indikator di berbagai sektor. Salah satu sektor yang menunjukkan perbaikan signifikan adalah konsumsi dan investasi yang ditandai dengan menguatnya daya beli masyarakat. Hal ini juga memberikan dampak yang positif pada sektor properti sebagai sektor usaha Perseroan.

PANDANGAN DEWAN KOMISARIS ATAS KINERJA DIREKSI

Dewan Komisaris mengapresiasi langkah yang diambil Direksi di tahun 2022 untuk memfokuskan upayanya dalam melakukan ekspansi bisnis, salah satunya dengan melaksanakan Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PM-HMETD). Aksi korporasi tersebut diharapkan dapat mendorong Perseroan untuk meningkatkan kinerjanya ke depan dan memberikan nilai keberlanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan. 

Selain itu, Dewan Komisaris juga menilai Direksi konsisten dalam menghadirkan proyek-proyek inovatif yang diterima oleh pasar di beberapa wilayah baru yang strategis seperti Sentul, Lampung, dan Labuan Bajo. Melalui pengembangan tersebut, Perseroan mampu meningkatkan kinerjanya di tahun 2022. Hal ini terlihat dari pencapaian kinerja penjualan dan pendapatan sebesar Rp275,60 miliar yang meningkat signifikan dibandingkan dengan tahun 2021 yang tercatat sebesar Rp2,82 miliar. Peningkatan yang signifikan tersebut seiring dengan mulai dilakukannya serah terima unit apartemen Collins Boulevard pada Agustus 2022 (PSAK 72). Sehingga di tahun ini, Perseroan mampu membukukan laba neto tahun berjalan sebesar Rp28,04 miliar. Sebuah pencapaian yang patut diapresiasi di tengah beragam tantangan yang terjadi di sepanjang tahun.
PENGAWASAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STRATEGIS

Dewan Komisaris senantiasa melakukan fungsi pengawasannya atas pengelolaan Perseroan yang dilakukan oleh Direksi. Mulai dari perumusan strategi hingga monitoring perkembangan penerapan strategi tersebut. Dewan Komisaris mengadakan pertemuan secara berkala dengan Direksi untuk membahas perkembangan kondisi Perseroan termasuk hambatan yang dihadapi. Dalam pertemuan tersebut Dewan Komisaris memberikan arahan, nasehat serta rekomendasi kepada Direksi agar penerapan strategi dapat berjalan dengan baik dan mencapai targetnya.

 Di tahun 2022, Dewan Komisaris dan Direksi mengadakan 4 (empat) kali rapat gabungan yang membahas terkait struktur permodalan, rencana right issue, perkembangan kinerja, kerjasama, dan pelaksanaan public expose. Selain melalui pertemuan formal, Dewan Komisaris juga melakukan komunikasi secara aktif dan intensif dengan Direksi agar tetap dapat memantau perkembangan terkini kinerja Perseroan.

PANDANGAN ATAS PROSPEK USAHA YANG DISUSUN DIREKSI

Dewan Komisaris memandang bahwa Direksi telah menentukan langkah dan strategi yang tepat dalam memanfaatkan peluang pertumbuhan ekonomi nasional yang sedang berjalan. Upaya Perseroan untuk mengembangkan area strategis lain di luar Jabodetabek seperti Sentul, Lampung dan Labuan Bajo memiliki prospek yang cukup baik. Mengingat Pemerintah juga sedang mengembangkan infrastruktur di wilayah-wilayah luar pulau Jawa seperti proyek Ibu Kota Nusantara (IKN). Prospek usaha yang baik juga didukung oleh kondisi perekonomian nasional yang diperkirakan akan terus menguat di tahun mendatang di kisaran 4,5-5,3% didorong oleh peningkatan permintaan domestik, baik konsumsi rumah tangga maupun investasi. 

Namun Dewan Komisaris senantiasa menghimbau Direksi untuk tetap waspada dan mengambil langkah antisipasi atas polemik global yang mungkin akan berdampak pada perekonomian nasional dan juga kinerja Perseroan di tahun mendatang. Untuk itu, Dewan Komisaris juga memperkuat fungsi pengawasannya terutama dalam mensupervisi sistem manajemen risiko Perseroan.

PANDANGAN ATAS PENERAPAN TATA KELOLA PERUSAHAAN

Untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, Dewan Komisaris dibantu oleh Komite Audit, serta Komite Nominasi dan Remunerasi. Bersama dengan komite-komite tersebut, Dewan Komisaris meninjau penerapan tata kelola perusahaan Perseroan yang dinilai sudah baik seperti sistem manajemen risiko, sistem pengendalian internal dan juga prosedur nominasi dan remunerasi. Setiap organ Perseroan juga telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik sesuai dengan pedoman kerja. 

Salah satu bentuk penerapan tata kelola perusahaan yang baik tersebut dapat terlihat dari pelaksanaan right issue yang dilakukan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku di luar kegiatan korporasi lainnya seperti Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa, dan Public Expose. Namun Dewan Komisaris tetap mendorong Perseroan untuk terus melakukan perbaikan agar penerapan tata kelola perusahaan dapat lebih baik lagi. Hal ini menjadi salah satu aspek penting yang dapat meningkatkan kepercayaan publik dan investor sehingga Perseroan memiliki daya saing yang tinggi.

PANDANGAN ATAS PENERAPAN STRATEGI KEBERLANJUTAN 

Dewan Komisaris sangat mendukung upaya Perseroan dalam menyeimbangkan aspek ekonomi, lingkungan dan sosial yang sejalan dengan konsep people, planet, dan profit (3Ps) melalui beragam kegiatan yang memberikan dampak positif. Dengan demikian maka Perseroan akan mampu memastikan kelangsungan bisnisnya dalam jangka panjang dan memberikan nilai keberlanjutan kepada pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya. 

Pengembangan bisnis Perseroan di wilayah luar Jabodetabek akan dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar. Selain itu, Perseroan juga dapat mengembangkan kearifan lokal dan kekayaan alam wilayah tersebut seperti di Tanamori Labuan Bajo sehingga dapat menarik wisatawan untuk datang dan secara tidak langsung mendorong peningkatan perekonomian lokal. Perseroan juga berupaya untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan, salah satunya dengan rencana untuk melakukan pengembangan area konservasi di sekitar wilayah Tanamori. Selain itu, komitmen Perseroan untuk membuat ruang terbuka hijau dalam setiap proyek unggulannya juga bagian dari upaya Perseroan dalam menciptakan dan menjaga kelestarian alam.

PERUBAHAN KOMPOSISI ANGGOTA DEWAN KOMISARIS

Pada tahun 2022 tidak terdapat perubahan komposisi Dewan Komisaris, sehingga susunan per 31 Desember 2022 adalah sebagai berikut: 

Komisaris Utama           : Septian Starlin

Komisaris             : Dr. Ir. Matius Jusuf MM, MBA 

Komisaris Independen : Dr. Ir. Erman Suparno, MBA, MSi 

Komisaris Independen : Rachmad, SH

PENUTUP

Atas nama Dewan Komisaris, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung Perseroan sehingga dapat melewati tahun 2022 dengan baik. Apresiasi kami sampaikan kepada jajaran Direksi dan seluruh karyawan atas kerja keras dan dedikasinya bagi Perseroan. Terima kasih kami sampaikan kepada para pelanggan, mitra bisnis, pemegang saham, dan pemangku kepentingan lainnya atas kepercayaan dan dukungannya kepada Perseroan. Besar harapan agar kerjasama ini dapat terus terjalin sehingga bersama kita dapat menyambut masa depan yang lebih baik.