- Laporan Dewan Komisaris.

Para Pemangku Kepentingan dan Pemegang Saham yang Terhormat,

Dengan penuh kerendahan hati dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, perkenankan kami atas nama Dewan Komisaris PT Perintis Triniti Properti Tbk (“Perseroan”) untuk menyampaikan laporan atas fungsi pengawasan terhadap kinerja dan perkembangan Perseroan sepanjang tahun 2023. Syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya, Perseroan mampu melewati tahun yang penuh dengan dinamika dan tantangan.

KONDISI GLOBAL DAN NASIONAL

Ketidakpastian perekonomian global terus berlanjut di tahun 2023 seiring gejolak sektor keuangan di Amerika Serikat dan Eropa, tekanan inflasi yang tinggi, meningkatnya geopolitik Rusia-Ukraina, serta konflik Palestina- Israel, inflasi, dan faktor lainnya. International Monetary Foundation (IMF) memperkirakan pertumbuhan ekonomi global pada 2023 sebesar 3%, lebih rendah dari tahun sebelumnya sebesar 3,5%..

Di tengah ketidakpastian geopolitik tersebut, perekonomian nasional terus menunjukkan resiliensinya. Langkah-langkah stimulus pemerintah telah membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi, yang berdampak positif pada daya beli masyarakat. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat sebesar 5,05% pada tahun 2023 yang didorong oleh penguatan kinerja sejumlah komponen pada sektor usaha, termasuk sektor properti.

PANDANGAN DEWAN KOMISARIS ATAS KINERJA DIREKSI

Di sepanjang tahun 2023, Dewan Komisaris menilai bahwa Direksi telah menerapkan strategi yang tepat sehingga Perseroan mampu menghadapi berbagai kendala dan terus melanjutkan pengembangan proyek yang sedang berjalan. Pencapaian marketing revenue yang mencapai Rp1,05 triliun juga patut diapresiasi yang menunjukkan Perseroan mampu memanfaatkan peluang yang ada untuk terus meningkatkan kinerjanya.

Meskipun terdapat penurunan pendapatan karena Perseroan belummelakukan proses serah terima atas proyek yang sedang berjalan sebagaidampak dari penerapan PSAK 72, namun Dewan Komisaris menilai bahwaDireksi telah melakukan identifikasi dan memitigasi risiko yang adadengan baik. Pengembangan proyek-proyek Perseroan yang memilikiprospek sangat baik seperti proyek Holdwell Business Park di Lampung,Sequoia Hills di Sentul dan Tanamori di Labuan Bajo, juga diyakini dapat mendorong pertumbuhan kinerja Perseroan ke depannya.

PENGAWASAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STRATEGIS

Melalui keterlibatan aktif dan pengawasan yang ketat, Dewan Komisaris telah memastikan bahwa arah strategis Perseroan tetap selaras dengan visi, misi, dan tujuannya. Dewan Komisaris telah melakukan pengawasan terhadap perumusan dan implementasi strategi serta kebijakan Perseroan. Salah satu bentuk pengawasan dilakukan melalui rapat Dewan Komisaris di mana dalam rapat tersebut, Dewan Komisaris memberikan arahan, masukan dan rekomendasi atas penerapan strategi dan perkembangan kinerja Perseroan. Di sepanjang tahun 2023, Dewan Komisaris telah menyelenggarakan 5 (lima) kali rapat gabungan dengan Direksi yang membahas perkembangan kinerja Perseroan serta isu strategis lainnya.

Dewan Komisaris telah memberikan masukan strategis dan konstruktif untuk membantu Direksi dalam memanfaatkan peluang yang ada dan meminimalisir risiko yang mungkin timbul dalam menjalankan kegiatan usahanya di sepanjang tahun. Dengan adanya kolaborasi antara Dewan Komisaris dan Direksi, serta organ pendukung lainnya, Perseroan dapat merespons secara efektif dinamika pasar dan meningkatkan kinerjanya secara berkelanjutan.

PANDANGAN ATAS PENERAPAN TATA KELOLA PERUSAHAAN 

Dewan Komisaris memandang tata kelola perusahaan bukan hanya sebagai sebuah keharusan untuk mematuhi peraturan dan standar, tetapi juga sebagai fondasi utama dalam menciptakan nilai jangka panjang bagi perusahaan, pemegang saham, dan seluruh pemangku kepentingan.

Dewan Komisaris meyakini bahwa kepatuhan terhadap semua regulasi yang berlaku adalah kunci dalam membangun kepercayaan dan kredibilitas perusahaan. Oleh karena itu, Dewan Komisaris memastikan Perseroan selalu beroperasi dalam batas-batas hukum dan mengikuti standar etika bisnis yang tertinggi. Selain itu, Dewan Komisaris mendorong transparansi dalam setiap tindakan dan keputusan perusahaan, sehingga Direksi dapat memahami dengan jelas strategi, risiko, dan kinerja Perseroan yang telah berjalan dengan sangat baik dan sesuai dengan pedoman yang ada.

Dewan Komisaris memberikan penilaian yang sangat positif terhadap penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik oleh Perseroan. Dewan Komisaris memandang bahwa Perseroan telah menerapkan seluruh prinsip perilaku beretika, transparansi, akuntabilitas, dan keberlanjutan dengan sangat baik..

PANDANGAN ATAS PENERAPAN STRATEGI KEBERLANJUTAN 

Dewan Komisaris melihat penerapan strategi keberlanjutan sebagai landasan yang krusial dalam membangun masa depan yang berkelanjutan bagi Perseroan. Keberlanjutan bukan hanya sebuah komitmen moral, tetapi juga sebuah keharusan bisnis yang memungkinkan Perseroan untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi semua pemangku kepentingan..

Keberlanjutan menjadi bagian integral dari strategi bisnis Perseroan. Ini berarti bahwa aspek-aspek keberlanjutan, seperti lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG), tidak hanya dipertimbangkan sebagai tanggung jawab sosial, tetapi juga sebagai peluang untuk menciptakan nilai tambah bagi perusahaan kami. Dengan mengintegrasikan pertimbangan keberlanjutan ke dalam setiap aspek operasional dan pengambilan keputusan, Dewan Komisaris yakin bahwa Perseroan dapat mengidentifikasi peluang-peluang inovatif yang menghasilkan manfaat jangka panjang bagi Perseroan dan masyarakat.

PERUBAHAN KOMPOSISI ANGGOTA DEWAN KOMISARIS

Pada tahun 2023 tidak terdapat perubahan komposisi Dewan Komisaris,

sehingga susunan per 31 Desember 2023 adalah sebagai berikut: 

Komisaris Utama           : Septian Starlin

Komisaris                            : Dr. Ir. Matius Jusuf MM, MBA 

Komisaris Independen : Dr. Ir. Erman Suparno, MBA, MSi 

Komisaris Independen : Rachmad, SH

PENUTUP

Atas nama Dewan Komisaris, kami ingin menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang tulus kepada para pemegang saham, pelanggan, mitra bisnis, dan seluruh pemangku kepentingan lainnya atas dukungan serta kepercayaan yang telah diberikan selama tahun berjalan. Penghargaan yang tulus juga saya sampaikan kepada Direksi dan segenap karyawan atas kerja keras, dedikasi serta loyalitas yang diberikan kepada Perseroan. Dukungan tersebut telah memotivasi dan mendorong Perseroan untuk terus maju dan berupaya untuk meningkatkan kinerjanya lebih baik lagi di masa mendatang.